Rabu, 29 Desember 2010

Kerjasama dengan kolega dan pelanggan

1.grooming
Penampilan adalah bentuk penyertaan diri atas penampilan yang menarik dan menimbulkan rasa percaya diri

a. Pengertian
Grooming adalah penampilan diri seseorang yang selalu rapi.
Jadi dapat disimpulkan bahwa grooming dalam penampilan prima adalah penampilan diri dari seorang petugas pelayanan pada saat dia bekerja memberikan pelayanan..............
kepada kolega dan pelanggan.

Beberapa cara agar penampilan menimbulkan kesan yang menarik di depan kolega
>Tampilah dengan menarik
>Berpenampilan bersih dan rapih

2. kuantitas kepribadian

a. Faktor- Faktor yang membentuk kepribadian

>Faktor biologis
>Kultural dan peradaban
>Kekeluargaan
>Sosial dan lingkungan

b. Cara mengetahui kekuatan pribadi ( Sujanto)
>Kekuatan dari dalam yang sudah di bawah sejak lahir , berwujud benih , bibit atau sering juga di sebut kemampuan dasar atau oleh kihajar dewantara disebut faktor dasar
>Kekuatan dari luar, yaitu faktor lingkungan yang kihajar dewantara di sebut faktor ajar.

a.Pengertian
Kepribadian adalah sifat hakiki yang tercermin pada sikap seseorang atau suatu bangsa yang membedakan dirinya dari orang atau bangsa lain. (KUBBI).

b. unsur- unsur kepribadian
>Unsur kedirian atau keakuan.
>Siapakah/bagaimana menjadi manusia yang baik.

c. Cara membangkitkan kekuatan pribadi
>Disiplin dalam kehidupan sehari – hari.
>Dapat mengembalikan emosi.
>Bertanggung jawab terhadap pekerjaan.
>Senantiasa tampil mempesona.
>Berusaha menyampaikan informasi yang benar.
>Dapat memisahkan urusan pribadi dengan dinas.
>Mempunyai sifat rendah hati.
>Senantiasa menjaga kesopanan dalam pergaulan

3.Etika profesi

a.Pengertian
Etika profesi merupakan norma- norma , nilai nilai, kaidah- kaidah dan ukuran yang di terima dan ditaati para pegawai / karyawan yaitu berupa peraturan yang harus di taati oleh karyawan pada suatu lembaga atau perusahaan tertentu yang telah di ketahuinya untuk dilaksanakan.

b.Tata krama yang baik ( etiket)
>Tata krama berbicara.
>Tata krama di tempat kerja.

c. Secara umum etiket atau tata krama acara jamuan bisnis antara lain
>Setelah memperoleh konfirmasi tentang waktu dan tempat pertemuan , usahakan datang tepat waktunya , atau 10 menit sebelum acara jamuan di mulai.

>Sebelum acara jamuan makan di mulai , sebaiknya di mulai dengan saling memperkenalkan diri

4.Bahasa tubuh

a. Pengertian
Bahasa tubuh adalah gerak reflek/ non reflek dari suatu bagian atau seluruh bagian yang digunakan oleh seseorang yang menyampaikan isi hatinya kepada orang lain , tanpa menggunakan kata- kata.
“anda dapat meraih sukses dan berpengaruh terhadap orang lain , dengan belajar menggunakan bahasa tubuh karena 50%-60% besar yang kita ciptakan berasal dari bahasa tubuh (James K Volt Fleet).

5. jamuan makan (table manner)

a. Cara membangkitkan komunikasi non verbal
>Perilaku Kinetik :mata, wajah, tangan, kaki. Mulut, kepala, bahu, seluruh tubuh, sikap berdiri,, berbicara.
>Para linguistik: Tingkat suara, Lancar tidaknya berbicara
>Proksemik: Jarak,
Posisi tempat duduk dalam ruangan


1.TATA HUBUNGAN INTERNAL VERTIKAL & HORIZONTAL

a. HUBUNGAN INTERNAL VERTIKAL
Hubungan kerja yang terjadi antara atasan atau pimpinan dengan bawahan atau karyawan.
contoh:
>Hubungan antara pimpinan dengan staf
b. HUBUNGAN INTERNAL HORIZONTAL
>Hubungan internal-vertikal pimpinan dengan pegwai atau karyawan

Hubungan yg berlangsung secara mendatar antara staff / antara karyawan yg amsing-masing mempunyai kedudukan yg setingkat/ selevel.
contoh:
>Hubungan kerja antar pegawai
>Hubungan kerja antar staf


2. kerjasama dengan orang lain


a. PRINSIP-PRINSIP KERJASAMA TIM
>Identitas Pribadi Anggota Tim
>hubungan antar anggota tim

b. TIM adalah Sekelompok orang dengan berbagai latar belakang keahlian yang menjalin kerjasama untuk mencapai tujuan bersama

c. Ciri- Ciri Sebuah Tim
>Terdiri atas berbagai latar belakang keahlian
>Saling bekerjasama dlm melaksanakan tugas
>Merasakan dampak keberhasilan & kegagalan
>Mengetahui misi, tujuan & sasaran Yg ingin dicapai
>Berada di bawah seorang pimpinan yg sama
>Mempunyai ciri & identitas yg sama

3. Interpersonal relationship
a. Pengertian
suatu hubungan komunikasi antar pribadi yang terjadi di lingkungan pekerjaan atau kepegawaian.

b. tingkatan dalam hubungan interpersonal relationship.
>top manager
>middle manager
>lower manager

4. PELATIH PENGEMBANGAN PROFESSIONALISME
a. Dituntut mengembangkan fungsi lembaga :
>Pengembangan Sarana presarana
>Komunikasi & pembinaan pegawai
>Pengembangan teknik & metode pelatihan
>Pengembangan kemampuan pengelola pengajar & peserta pelatihan
>Analisis kebutuhan & penetapan program pelatihan

b. Cara mengembangkan profesionalisme
>Program Orientasi Pegawai Baru
>Pelatihan Umum secara ektensif
>Pelatihan Job spesifik
>Pelatihan peralatan & prosedur operasi

2 komentar:

My Posting mengatakan...

thanks atas inform nya

Gembler Blogger mengatakan...

selamat ya suk.....

Poskan Komentar

silakan anda berkomentar apabila anda tertarik dan dimohon untuk tidak menuliskan spam